Daftar Pesepakbola Terkenal Yang Mengalami Kebangkrutan

Daftar Pesepakbola Terkenal Yang Mengalami Kebangkrutan

Mungkin sudah menjadi barang pasti, jika menjadi seorang atlet sepakbola yang namanya sudah terkenal di segala penjuru dunia pasti akan menjalani kehidupan yang nyaman dan mewah akibat gaji yang diperoleh begitu luar biasa besar. Mobil mewah, rumah mewah dan barang-barang mewah lainnya akan sangat mudah untuk didapatkan.

Sebut saja seorang Cristiano Ronaldo, melansir dari berbagai sumber, gaji yang harus dibayarkan oleh klub asal Arab Saudi (Al-Nasr) kepada CR7 mencapai 200 juta Euro per tahun, atau setara dengan 3,3 triliun Rupiah. Luar biasa besar bukan? Mungkin jika gaji tersebut dibelikan mie instan, orang satu Kabupaten pasti bakal kebagian semuanya.

Namun sayangnya, tidak semua pesepakbola top dunia yang dulunya hidupnya bergelimangan harta, akan menjadi seorang yang kaya secara abadi. Ada beberapa pemain sepak bola top dunia yang justru sekarang dinyatakan telah jatuh miskin. Siapa saja mereka? Mari simak artikel berikut ini!

Daftar Pesepakbola Terkenal Yang Mengalami Kebangkrutan

Dalam dunia sepakbola, tidak jarang kita mendengar kabar tentang para pesepakbola terkenal yang mengalami kebangkrutan meski telah sukses meraih kesuksesan dan kekayaan selama berkarir. Banyak faktor yang dapat menyebabkan kebangkrutan, mulai dari pengelolaan keuangan yang kurang baik hingga kesalahan investasi yang fatal.

Para pesepakbola terkenal yang mengalami kebangkrutan ini seringkali menjadi peringatan bagi para atlet muda agar lebih bijak dalam mengelola keuangan dan investasi mereka. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa daftar pesepakbola terkenal yang mengalami kebangkrutan dan mengapa mereka bisa sampai pada titik tersebut.

Baca juga:  Rekor Messi Yang Sulit Dipecahkan Ronaldo

1.Asamoah Gyan

Daftar Pesepakbola Terkenal Yang Mengalami Kebangkrutan

Asamoah Gyan menjadi urutan pertama dalam daftar pesepakbola terkenal yang akhirnya mengalami kebangkrutan. Pemain berkebangsaan Ghana sekaligus merupakan mantan striker dari klub Liga Inggris Sunderland ini dikabarkan beberapa saat lalu hanya memiliki tabungan di dalam rekening pribadinya sebesar  600 pounds (Rp10,7 juta) saja dan mengaku sudah tidak sanggup lagi untuk menghidupi keluarganya.

Padahal pada tahun  2015-2017 ketika ia masih bermain di klub raksasa Liga China(Shanghai Shenhua), ia masih menerima bayaran sebesar 227 ribu pounds (Rp4,07 miliar), dan terbiasa mengendarai mobil mewah  Rolls-Royce. Asamoah Gyan mengaku jika ia kehilangan banyak sekali pundi-pundi kekayaannya dikarenakan adanya perselisihan dengan anggota keluarganya sendiri.

2.Ronaldinho

Daftar Pesepakbola Terkenal Yang Mengalami Kebangkrutan

Siapa yang tidak kenal dengan Ronaldinho? Pemain legenda tim nasional sepak bola Brazil yang kaya akan skill  dalam mengolah bola di lapangan hijau, yang sukses mencapai puncak karir sebagai pemain sepak bola dikala berseragam tim FC Barcelona. Hal itu dia buktikan dengan satu perolehan piala Ballon d’Or pada tahun 2005 silam.

Mendapatkan gaji yang sangat besar di masa lalu dan juga kepopuleran yang begitu luar biasa, ternyata hal tersebut tidak dapat dirasakan lagi di masa pensiun Ronaldinho, sehingga membuat dirinya jatuh ke dalam kebangkrutan yang begitu luar biasa.

Berdasarkan berita yang beredar, Ronaldinho dikabarkan kini masih memiliki hutang yang cukup besar yaitu senilai 1,75 juta pounds (Rp31,3 miliar), dan hanya memiliki kekayaan yang tersisa sebesar  5 pounds (Rp89.711) di rekening bank pribadinya. Meskipun telah menjual dan menggadaikan beberapa barang dan properti miliknya, namun hal tersebut belum juga cukup untuk melunasi semua hutang yang ia miliki. Akibat hal tersebut, pemerintah Brazil mencekal paspor miliknya.

Baca juga:  Sejarah Permainan Bola Kasti di Indonesia

3.David James

Daftar Pesepakbola Terkenal Yang Mengalami Kebangkrutan

Mantan kiper tim nasional Inggris, Liverpool dan juga Manchester City ini dikabarkan mengalami kebangkrutan pada tahun 2014 silam. Tidak hanya menjalani profesi sebagai pesepakbola profesional, dulunya David James juga merabah karir di dunia model, yang membuat dirinya dapat mengumpulkan kekayaan hingga mencapai  20 juta pounds (Rp358,4 miliar).

Namun pundi-pundi uang yang ia kumpulkan secara perlahan mulai habis terkuras, akibat perceraian mahal yang ia lakukan pada tahun 2005 silam, membuat David James memiliki hutang yang menggunung.

4.Maradona

Daftar Pesepakbola Terkenal Yang Mengalami Kebangkrutan

Pesepak bola yang telah dinobatkan sebagai pemain sepakbola terbaik di abad ini oleh FIFA ini nyatanya juga tak bisa terhindar dari jeratan maut kebangkrutan. Maradona pernah mengajukan status kebangkrutan pada tahun 2009 silam dan juga pernah dituntut pembayaran denda oleh Otoritas Perpajakan Italia sebesar 42 juta pounds (Rp753,5 miliar) akibat pajak yang tidak dibayarkannya saat ia bermain di Napoli pada era 1980-an.

5.Paul Merson

Daftar Pesepakbola Terkenal Yang Mengalami Kebangkrutan

Legenda Arsenal, Paul Merson harus rela kehilangan harta kekayaannya dengan nominal yang begitu fantastis, yaitu sebesar 7 juta pounds (Rp125 miliar), akibat kegiatan berjudi  minuman keras, dan penggunaan obat-obatan terlarang yang ia lakukan.

Demi dapat keluar dari cengkraman dunia perjudian, Paul Merson harus mencairkan dana pensiun yang ia miliki sebesar  800 ribu pounds (Rp14,3 miliar) dan berniat memotong sndiri jari tangannya agar tidak bisa lagi menggunakan telepon untuk bertaruh di judi.

Baca Juga : Tragedi Kelam Dalam Sejarah Sepak Bola Dunia

6.John Arne Riise

Pernah menjuarai Liga Champions Eropa bersama Liverpool sekaligus menjadi bek kiri andalan dari tim nasional Norwegia, membuat karir seorang John Arne Riise berada pada puncaknya. Mendapatkan gaji sebesar  50 ribu pounds (Rp897 juta) per pekan di Anfield dikala dia masih berusia 26 tahun, membuat John Arne Riise merasakan kehidupan mewah.

Baca juga:  Federasi Bola Islandia Diguncang Skandal Pelecehan Seksual

Namun sayangnya, akibat tindak investigasi penipuan senilai 3 juta pounds (Rp53,8 miliar) di Norwegia yang dilakukan oleh John Arne Riise, membuat dirinya menjadi bangkrut.

7.Paul Gascoigne

Meski telah terbebas dari tumpukan hutang pada tahun 2016 silam, Paul Gascoigne pernah merasakan begitu menderitanya dikala dia harus membayar tunggakan pajak  sebesar 42 ribu pounds ke HMRC. Bukan hanya itu, pemain berkebangsaan Inggris tersebut juga dikabarkan pernah memiliki utang hingga 200 ribu pounds (Rp3,58 miliar), yang membuat dirinya mengalami depresi yang luar biasa dan mencoba menggunakan zat-zat obat terlarang.

Itulah sederet pesepakbola top dunia yang sedang dan pernah mengalami kebangkrutan. Bagaimana? Apakah dari 8 daftar nama pemain di atas, ada pemain yang menjadi idolamu?

Anda suka menulis tentang sepakbola, kirim tulisanmu ke AnalisBola.com dan baca ketentuannya di SINI.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *