Daftar Nilai Transfer Pesepakbola Termahal di Dunia

Perpindahan pemain sepak bola pada jendela bursa transfer memang kerap kali menyita perhatian. Karena pasalnya, pada masa tersebut para klub-klub sepakbola elit di dunia akan saling berlomba-lomba mendapatkan pemain yang telah menjadi incaran klub mereka. Hingga tak jarang, banyak klub yang rela menggelontorkan biaya transfer yang fantastis hanya demi membeli seorang pemain saja.

Budaya jor-joran dalam melakukan pembelian pemain diawali pada tahun 2001 silam, ketika perpindahan seorang Zinedine Zidane dari Juventus menuju Real Madrid yang memakan biaya transfer mencapai € 77,5 juta atau setara dengan Rp 1,2 triliun rupiah jika menggunakan kurs saat ini. Nilai transfer tersebut sekaligus memecahkan rekor nilai transfer pemain sepakbola termahal di dunia.

Menghabiskan jutaan euro hanya untuk membeli seorang pemain sepak bola mungkin menjadi sebuah hal yang langka dan fantastis di masa dulu. Namun sekarang hal tersebut menjadi sebuah hal yang bisa dikatakan umum dan  wajar dilakukan oleh klub-klub elit dunia terutama klub Eropa. Hal ini terbukti dengan beberapa transfer pesepakbola di masa sekarang berikut ini, yang mencatatkan sebagai nilai transfer pesepakbola termahal di dunia.

Daftar Nilai Transfer Pesepakbola Termahal di Dunia

1.Gareth Bale

Kepindahan Gareth Bale dari klub Tottenham Hotspur menuju Real Madrid pada tahun 2013 silam menjadi salah satu nilai transfer pemain sepakbola termahal di dunia. Memiliki nilai transfer mencapai € 100,8 juta atau setara dengan 1,63 triliun rupiah, menjadikan Bale sebagai pemain Liga Inggris dengan nilai transfer termahal.

Baca juga:  Konfrontasi Dalam Satu Seragam: Antara Marcao dan Kerem Aktürkoğlu

Dengan biaya transfer sebesar itu, kontribusi Bale dalam permainan klub terasa cukup sepadan. Hal ini terbukti dengan peran Bale dalam membatu Real Madrid  merengkuh berbagai gelar bergengsi berkat beberapa gol penting yang ia buat.

2.Paul Pogba

Paul Pogba menjadi pemain dengan nilai transfer termahal di dunia selanjutnya. Membutuhkan biaya transfer hingga mencapai € 105 juta atau setara dengan 1,7 triliun rupiah guna kepindahannya dari Juventus menuju Manchester United, menjadikannya sebagai pemain dengan nilai transfer termahal di dunia pada tahun 2016 silam.

Mahalnya nilai transfer Pogba memanglah bukan tanpa alasan. Pemain Tim Nasional Prancis tersebut pernah menjadi pemain terbaik di Liga Seri A Italia. Namun sayangnya, setelah 4 tahun lamanya karir Pogba di Liga Premier Inggris, The Red Devil harus rela melepas Pogba dengan status bebas transfer.

3. Ousmane Dembele

Pada tahun 2017 silam, Barcelona sempat mengejutkan jagat sepakbola dunia dengan melakukan transfer pemain sebesar € 105 juta, guna mendapatkan Ousmane Dembele dari Borussia Dortmund, dikala usianya masih menginjak 20 tahun. Dengan nilai transfer sebesar itu, Dembele mentasbihkan dirinya menjadi pemain sepakbola termuda yang memiliki nilai transfer termahal pada masa itu.

4. Romelu Lukaku

Merasa lini depan yang dimilikinya tak kunjung terasa tajam, Chelsea kembali memboyong striker legendaris yang dahulu pernah dimilikinya, yaitu Romelu Lukaku pada tahun 2021 silam. Tertarik akan ketajaman yang dimiliki Lukaku saat bermain di Inter Milan, Chelsea harus rela menggelontorkan biaya transfer sebesar € 115 juta atau setara 1,87 triliun rupiah, guna memulangkan Lukaku ke Stamford Bridge.

5. Jack Grealish

Tertarik dengan gaya permainan yang dimiliki oleh seorang Jack Grealish, Manchester City rela menggelontorkan dana mencapai €117 juta atau sekitar 1,9 triliun rupiah, guna memboyong Grealish dari Aston Villa. Dengan nilai sebesar itu, transfer Jack Grealish menjadi nilai transfer pemain termahal di Liga Inggris tahun 2021.

Baca juga:  Mengapa Doping Dilarang Dalam Olahraga?

6. Philippe Coutinho

Nilai Transfer Pesepakbola Termahal

Barcelona kembali mengambil peran sebagai klub yang mampu mendatangkan pemain dengan biaya transfer yang mahal. Setelah mampu mendatangkan Ousmane Dembele dengan biaya transfer yang begitu mahal, pada tahun 2018 silam Barcelona sukses mendatangkan seorang pemain tengah andalan asal Liverpool yaitu Philippe Coutinho dengan biaya transfer yang sangat tinggi juga.

Dengan harapan agar Countinho dapat membantu Barcelona kembali berada pada permainan terapik mereka, klub asal Catalan tersebut rela menggelontorkan dana sebesar € 120 juta atau setara Rp1,95 triliun, guna mendapatkan jasa pemain Tim Nasional Brazil tersebut.

6. Antoine Griezmann

Nilai Transfer Pesepakbola Termahal

Terasa belum cukup setelah menggelontorkan dana yang fantastis guna mendatangkan dua pemain bernilai transfer tinggi, Barcelona kembali menguras dana keuangan klub guna mendapatkan Antoine Griezmann dari  Atletico Madrid dengan nilai transfer mencapai € 120 juta atau setara 1,95 triliun rupiah. Begitu luar biasa bukan?

7. Joao Felix

Nilai Transfer Pesepakbola Termahal

Dana yang didapatkan oleh Atletico Madrid dari kepindahan Antoine Griezmann ternyata langsung dimanfaatkan untuk mendapatkan pemain dengan posisi yang sama. Joao Felix, seorang pemain berusia mudah asal klub Benfica Portugal menjadi pilihan Los Rojiblancos.

Kemahiran Felix dalam urusan mengolah sikulit bundar memanglah tidak bisa diragukan lagi. Bahkan sering kali dia di gadang-gadang sebagai penerus dari legenda sepakbola Portugal yaitu Cristiano Ronaldo. Memakan biaya transfer mencapai €126 juta atau sebesar 1,97 triliun rupiah, Atletico Madrid sukses memboyong Felix yang kala itu masih berusia 19 tahun menuju Wanda Metropolitano, pada tahun 2019 silam.

8. Kylian Mbappe

Nilai Transfer Pesepakbola Termahal

Kehebatan seorang Kylian Mbappe dalam urusan mengolah si kulit bundar dan juga mencetak gol memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Hal itu sudah terlihat ketika Mbappe masih berusia 20 tahun dan bermain untuk Klub Liga Prancis, AS Monaco.

Baca juga:  Jules Kounde: Implementasi dari Bek Modern Masa Kini

Berusaha untuk mendapatkan seorang pemain muda dengan kemampuan emas, PSG rela menggelontorkan dana sebesar 135 juta euro atau setara dengan 2,1 triliun rupiah, guna mendapatkan jasa Mbappe pada 2018 lalu. Kenekatan yang dilakukan oleh PSG tampaknya berbuah sangat manis lantaran melihat performa Mbappe yang semangkin meningkat setiap waktunya.

Melihat kemampuan, performa dan beberapa torehan prestasi yang dimiliki seorang Kylian Mbappe saat ini,  nilai transfer Mbappe saat ini diprediksi melebihi 300 juta euro atau sekitar Rp4,7 triliun.

Baca Juga : Daftar Pesepakbola Terkenal Yang Mengalami Kebangkrutan

9. Neymar

Nilai Transfer Pesepakbola Termahal

Jika kamu bertanya siapa pemain sepakbola yang memiliki nilai transfer tertinggi sepanjang masa, Neymar adalah jawabannya. Memiliki nilai transfer mencapai £ 222 juta atau sebesar 3,4 triliun rupiah pada 2017 silam, kepindahan Neymar dari Barcelona menuju PSG sukses menggegerkan jagat sepakbola dunia.

Itulah daftar pesepakbola yang memiliki nilai transfer termahal di dunia. Apakah dari sembilan pemain di atas, ada salah satu pemain idolamu?

Anda suka menulis tentang sepakbola, kirim tulisanmu ke AnalisBola.com dan baca ketentuannya di SINI.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *