Badai di Pusaran Liverpool

Alisson dan Jurgen Klopp
Alisson dan Jurgen Klopp. (Foto: AP)

Inggris – Kabar duka kembali menyelimuti kesebelasan sepak bola Liverpool. Jika pada awal bulan lalu (10/2), sang manajer Jurgen Klopp harus kehilangan Ibunda tercintanya yang meninggal dunia, kini keadaan itu dirasakan oleh sang penjaga gawang The Reds, Alisson Becker.

Dilansir dari ESPN, Ayah Alisson Becker (Jose Becker) yang berusia 57 tahun, meninggal dunia secara tragis, Rabu, 24 Februari 2020. Musibah tersebut ketika nyawa sang ayah tak bisa tertolong karena tenggelam di sebuah danau dekat rumah miliknya, dekat dengan kota Rincao do Inferno, Brasil.

Atas kejadian tersebut, Hal itu turut mengundang banyak belasungkawa terutama dari Liverpool sendiri, melalui akun twitternya @LFC, serta rekan satu tim di Liverpool dan pemain dari tim lainnya.

Bacaan Lainnya

Serta simbol hati dan tagar bertuliskan #YNWA dari akun twitter Thiago Alcantara @Thiago6

Twitter milik kiper Manchester United @D_DeGea “We are all with you”.

Mantan pemain Liverpool yang kini membela Manchester City, Sterling turut merespon dengan memberikan ucapan “Condolence” di kolom reply akun twitternya @sterling7

Periode yang Buruk untuk Liverpool

Kejadian yang menimpa Jurgen Klopp dan Alisson Becker yang ditinggal oleh orang tuanya, membuat badai di Liverpool semakin kencang. Di sisi lain, performa The Reds sedang dalam periode yang tidak baik sejak awal tahun 2021. Dari lima pertandingan terakhir di liga Inggris, asuhan Jurgen Klopp hanya sanggup satu kali menang, dan empat sisanya menelan kekalahan.

Baca juga: Si Protagonis Gerrard: Kapten Sejati, Tragedi Pilu dan Cinta yang Abadi

Bahkan hingga pekan ke-25, Liverpool yang bermarkas di Anfield, sudah menerima kekalahan di kandang sendiri sebanyak empat kali, meski situasi stadion masih dilakukan tanpa penonton, Namun Anfield menjadi tak seangker dulu. Empat tim yang berhasil menaklukan Liverpool di Anfield sejauh musim ini, ialah. Burnley, Brighton Albion, Manchester City dan tim satu kota, Everton.

Rentetan hasil minor yang diraih Jordan Henderson cs juga mempengruhi posisi klasemen sementara Liverpool di Liga Inggris. Sempat menjadi pemuncak klasemen pada akhir Desemeber 2020, kini The Reds terlempar dari tim empat besar, dan terjun bebas ke posisi 6 klasemen sementara dengan raihan 40 poin.

Badai Cedera Pemain Liverpool

Jika dirasa sulit mengejar Manchester City yang kini dipuncak klasemen dengan 59 poin, Liverpool masih memiliki peluang di kompetisi lainnya, yaitu Liga Champions. Hal itu dibuktikan Jurgen Klopp yang berasil meladeni RB Leipzig dengan skor 2-0 di pertemuan pertama babak 16 besar Liga Champions, Rabu (17/2).

Setidaknya Liverpool memiliki kans besar kesempatan untuk lolos babak berikutnya karena telah mengantongi kemenangan di pertemuan pertama tersebut.   

Penampilan Liverpool yang tidak konsisten di hampir pertengahan musim ini tak lepas dari kendala faktor cederanya para pemain utama yang hampir menggerogoti di semua lini. Sebut saja bek andalan Liverpool, Virgil Van Dijk yang harus menjalani operasi dan pemusatan latihan ketat akibat cedera ACL (Anterior Cruciate Ligament).

Baca Juga: Mengenaskan! Liverpool dan Spurs Sedang Hancur Lebur

Klopp juga mengkonfirmasi bahwa pemain asal Belanda tersebut tidak akan bermain hingga akhir kompetisi, namun namannya tetap didaftarkan di pentas Liga Champions.

Faktor rapuhnya Liverpool memang berada di sektor lini belakang, Selain Virgil Van Dijk, Joe Gomes dan Joel Matip juga harus menepi hingga sekarang. Pemain Liverpool lainnya yang cukup lama menepi, ialah, gelandang enerjik Naby Keita dan Straiker anyar Liverpool musim 2020/2021, yang bermain sangat impresive, karena telah sudah mencetak 9 gol, yaitu Diogo Jota. Dua pemain tersebut sudah absen selama hampir tiga bulan akibat cedera.

Nama lainnya yang turut absen dari cedera ialah, Fabinho, James Milner dan sang Kapten, Jordan Henderson.

Bek Anyar Liverpool

Ben Davies memakai Jersey Liverpool
Ozan Kabak berseragam Liverpool

Sadar akan lini belakang yang menjadi sorotan utama Liverpool akibat cedera para pemain. Manajemen Liverpool bergegas dan memberikan amunisi baru pada jendela transfer musim dingin, untuk Jurgen Klopp menambal pemain yang dibekap cedera. Yaitu dua pemain berstatus pinjaman hingga akhir musim, yang bermain di Lini belakang, diantaranya Ben Davies (25 tahun) dari Preston North End dan Ozan Kabak (20 tahun) dari Schalke 04.  

Musim 2020/2021 memang masih panjang, jadwal kompetisi tergolong cukup ketat, dengan skuad yang masih timpang akibat badai cedera, bisakah Liverpool yang diasuh Jurgen Klopp menghadapi terpaan badai ini, keluar dari lubang jarum. Patut dinantikan.

Ihsan Fahmi
Twitter | Instagram

***
Ingin menjadi kontributor di AnalisBola.com, Silakan hubungi kami melalui email: analisbolacom@gmail.com

Anda suka menulis tentang sepakbola, kirim tulisanmu ke AnalisBola.com dan baca ketentuannya di SINI.

Baca juga:  Unai Emery Resmi Melatih Aston Villa

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *