AS Roma vs HJK 3-0: Belotti Cetak Gol Perdana untuk Giallorossi

AS Roma vs HJK 3-0: Belotti Cetak Gol Perdana untuk Giallorossi
Selebrasi Andrea Belotti setelah Mencetak Gol ke Gawang HJK Helsinki pada Pertandingan Kedua Liga Europa di Olimpico Stadium, Roma (16/9/2022) (Sumber : republika.co.id)

AS Roma berhasil mengalahkan klub asal Finlandia yaitu HJK Helsinki dengan skor 3-0 pada pertandingan kedua liga Europa grup C yang berlangsung di Olimpico Stadium, Roma, Jumat (16/9/2022).

Ketiga gol AS Roma dicetak oleh Paulo Dybala, Lorenzo Pellegrini, dan Andrea Belotti yang semuanya terjadi di babak kedua.

Bagi Belotti, ini menjadi gol pertamanya untuk Giallorossi semenjak hengkang dari Torino dan bergabung ke klub ibukota Italia tersebut.

Kemenangan ini membuka kembali harapan AS Roma untuk bisa lolos ke babak 32 besar. Sebelumnya, tim asuhan Jose Mourinho tersebut tumbang di markas klub asal Bulgaria, Ludogorets dengan skor 1-2 pada pertandingan pertama liga Europa.

Bacaan Lainnya

Babak Pertama

AS Roma yang unggul secara kualitas tim langsung mengurung lini pertahanan tim tamu sejak awal babak pertama dimulai.

Pada menit ke-14, bek tengah sekaligus kapten HJK Helsinki yaitu Miro Tenho mendapatkan kartu merah setelah melanggar Andrea Belotti dengan keras di luar kotak penalti timnya.

Unggul jumlah pemain segera dimanfaatkan tuan rumah AS Roma untuk terus mengurung lini pertahanan HJK.

Pada menit ke-31, Belotti nyaris mencetak keunggulan untuk tuan rumah setelah menerima umpan terobosan Zaniolo, namun tendanganya berhasil ditangkap kiper HJK yaitu Conor Hazard.

AS Roma terus melakukan berbagai skema serangan, akan tetapi tidak ada gol yang tercipta hingga babak pertama berakhir.

Babak Kedua

Sebelum babak kedua dimulai, Jose Mourinho melakukan dua pergantian pemain sekaligus dengan menarik keluar Roger Ibanez dan Matias Vina serta memasukan Chris Smalling dan Paulo Dybala.

Baca juga:  Juventus vs AS Roma: Si Nyonya Tua Jinakkan Serigala Roma

Baru semenit masuk, Dybala berhasil mencetak gol untuk keunggulan AS Roma dengan tendangan dari luar kotak penalti setelah memanfaatkan backpass Pellegrini.

Gol tersebut menjadi yang pertama untuk pemain timnas Argentina tersebut di liga Europa musim ini.

Semenit berselang, tuan rumah kembali menggandakan keunggulan menjadi 2-0. Berawal dari aksi individu Zaniolo yang merengsek masuk ke sisi kiri kotak penalti HJK setelah mengecoh seorang pemain lawan.

Zaniolo kemudian melepaskan umpan silang yang sempat membentur badan bek HJK, akan tetapi bola tersebut mengarah kepada Pellegrini yang berdiri di depan gawang dan segera menceploskan bola untuk mencetak gol kedua AS Roma.

Setelah itu, AS Roma terus mendominasi pertandingan dan tidak memberikan kesempatan kepada tim tamu yang bermain dengan 10 orang untuk melakukan berbagai serangan yang mengancam lini pertahanan tuan rumah.

Pada menit ke-68, Andrea Belotti berhasil memperbesar skor keunggulan AS Roma menjadi 3-0 setelah memanfaatkan umpan silang Zaniolo dari sisi kiri kotak penalti HJK.

Gol tersebut sangatlah spesial karena menjadi gol pertama Belotti untuk AS Roma sejak bergabung ke klub tersebut di bursa transfer musim panas ini.

Skor 3-0 untuk kemenangan AS Roma bertahan hingga peluit panjang berakhirnya pertandingan dibunyikan.

Meski menang, AS Roma tetap duduk di peringkat ketiga klasemen grup C dibelakang Real Betis dan Ludogorets.

Sebaliknya, kekalahan ini membuat HJK duduk di dasar klasemen dengan 0 poin setelah menelan dua kekalahan beruntun dari dua pertandingan awal liga Europa.

AS Roma (4-2-3-1) : Patricio (GK), Vina (LB), Ibanez (CB), Mancini (CB), Karsdorp (RB), Matic (CM), Cristante (CM), Spinazzola (LW), Pellegrini (AM), Zaniolo (RW), Belotti (CF).

Subs : Smalling, Abraham, Camara, Boye, Dybala

Baca juga:  Wajarkah AS Roma Menatap Scudetto Saat Ini?

HJK (3-4-3) : Hazard (GK), Hoskonen (CB), Tenho (CB), Raitala (CB), Hetemaj (LWB), Ligman (CM), Vaananen (CM), Browne (RWB), Soiri (LW), Malik (CF), Hostikka (RW).

Subs : Arajuuri, Halme, Boujellab, Peltola, Olusanya

Christopher
Pemerhati & Penganalisis Taktik serta Filosofi Sepakbola

Anda suka menulis tentang sepakbola, kirim tulisanmu ke AnalisBola.com dan baca ketentuannya di SINI.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *