Arsenal vs Manchester United: MU Buntu Tapi Tak Terkalahkan

Arsenal vs Manchester United
Tendangan bebas Bruno Fernandes saat pertandingan Arsenal vs Man United yang berakhir imbang 0-0. (Foto: BBC.com)

AnalisBola.com – Manchester United hanya mampu menambah satu poin dan kini tertinggal tiga poin dari Manchester City di klasemen Liga Inggris.

Menghadapi Arsenal di Emirates Stadium pada Minggu (31/1) dini hari, Manchester United sebenarnya menggunakan formasi ideal, minus Martial.

Fred dan McTominay kembali di posisi gelandang bertahan, Cavani sebagai target man, dan Rashford mendampingi di sisi kanan.

Posisi Pogba di sisi kiri yang menggantikan Martial terlihat janggal tetapi itu pilihan terbaik Solskjaer daripada membuatnya duduk di bench.

Bacaan Lainnya

Baca juga: Babak Pertama, Arsenal vs Man United Imbang 0-0

Pertandingan itu sangat penting untuk mempertahankan jarak satu poin dengan Manchester City. Kemenangan juga akan mengembalikan moral tim yang turun setelah kekalahan memalukan dari Sheffield United tiga hari sebelumnya. Seluruh kekuatan harus diturunkan Solskjaer.

Manchester United di bawah Solskjaer memang tidak memiliki winger murni. Pogba yang pada awalnya dipasang di kiri pun lebih sering masuk ke dalam mendampingi Fernandes di belakang striker.

Namun rencana Solskjaer terpaksa berubah. McTominay cedera perut di menit ke-38 dan Martial masuk menggantikan. Pogba pun kembali ke posisi aslinya sebagai gelandang bertahan bersama Fred.

Kembalinya Pogba di tengah semakin memperkuat kendali United yang unggul ball possession di babak pertama. Namun persis seperti melawan Burnley dan Sheffield sebelumnya, Man United kesulitan mendekati kotak penalti Arsenal karena permainan bertahan tim ruan rumah itu.

Pepe dan Martinelli malah beberapa kali mengancam Man United melalui serangan balik yang cepat.

Baca juga:  Man United vs Arsenal 3-1: Antony Cetak Gol Debut di Old Trafford

Baca juga: Arsenal vs Manchester United: Kedua Pelatih Yakin Menang

Soares berhasil mengadang kecepatan Rashford sementara kecepatan Pepe di sisi kanan Arsenal cukup menyulitkan Maguire dan Shaw. Maguire sendiri kerap harus menutup lubang yang ditinggalkan Shaw ketika menyerang. Akibatnya Pepe benar-benar merepotkan Maguire di menit 82 dan hampir menciptakan gol jika sepakannya tidak melebar.

Babak Kedua Arsenal vs Manchester United

Di babak kedua Manchester United mendapat ancaman baru dari Willian yang menggantikan Martinelli. Pergerakan Willian membuat koordinasi lini belakang United sedikit kacau. Arsenal pun berhasil mengambil alih kendali permainan di lima menit babak kedua dan beberapa kali mengcancam gawang De Gea.

United melakukan taktik membangun serangan dari bawah dengan passing-passing pendek hingga ke dalam kotak penalti, berharap formasi bertahan Arsenal terurai. Taktik ini tampak berhasil. Peluang emas pun didapat Cavani dari crossing datar Shaw di menit 58 dan 67 namun gagal menjadi gol.

Baca juga: Manchester City Tolak David Alaba dan Berencana Datangkan Striker Baru

Arsenal juga melakukan strategi yang serupa di babak kedua yaitu bola-bola pendek dari bawah tapi melalui sisi luar. Bedanya, serangan diakhiri dengan tiba-tiba menyasar target man mereka, Lacazette, secara direct. Taktik ini pun hampir mengecoh bek-bek United hingga Maguire mendapat kartu kuning di menit ke-75 akibat mengganjal Lacazette.

Solskjaer bertahan dengan strateginya itu hingga menit ke-80 lalu mengganti Rashford dengan Greenwood. Penyerangan pun diubah melalui dribbling Shaw dan Wan-Bissaka di sisi luar. Satu crossing ke Cavani, di menit ke-89, nyaris membuahkan gol. Pertandingan pun berakhir imbang tanpa gol.

Hampir tidak terlihat terobosan yang brilian dari seorang Fernandes dan tembakan jarak jauh dari Pogba di pertandingan ini. Hanya Fred yang mencoba dua kali long shot namun lemah dan sekali tidak akurat. 

Baca juga:  Romansa David Moyes dan Manchester United

Greenwood sendiri tidak banyak merubah keadaan karena jarang mendapat bola. Ia tidak pernah melakukan drible menusuk ke kotak penalti seperti proses beberapa gol sebelumnya dan gagal melepaskan satu tembakan pun (Whoscored).

Hasil ini memang menambah catatan tak terkalahkan Manchester United di partai tandang menjadi 18 namun mengecewakan mengingat persaingan sengit di empat besar Liga Inggris saat ini.

Bergman Siahaan
Facebook | Instagram | derau.net

***
Ingin menjadi kontributor di AnalisBola.com, Silakan hubungi kami melalui email: analisbolacom@gmail.com

Anda suka menulis tentang sepakbola, kirim tulisanmu ke AnalisBola.com dan baca ketentuannya di SINI.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *