Apa Sebenarnya Manfaat Dari Olahraga Lompat Tali?

manfaat olahraga lompat tali

Olahraga lompat tali atau skipping merupakan salah satu jenis olahraga yang sudah tidak asing lagi terdengar bagi kebanyakan orang. Bahkan, olahraga yang satu ini juga banyak digunakan oleh para anak-anak sebagai salah satu jenis permainan yang sangat asyik untuk dimainkan.

Hanya bermodalkan seutas tali yang tidak terlalu panjang guna digunakan sebagai alat untuk melakukan lompatan, olahraga lompat tali memiliki segudang manfaat bagi kesehatan meskipun terlihat sebagai sebuah olahraga yang biasa-biasa saja.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Jump Rope Institut, ketika seseorang melakukan olahraga lompat tali selama 10 menit, manfaat yang akan didapatkannya sebanding ketika ia melakukan jogging selama 30 menit, bermain bulu tangkis selama 30 menit, renang 650 meter dan dapat membakar kalori dalam tubuh sebanyak 200 kal kalori jika dilakukan dalam waktu 20 menit. Begitu luar biasa bukan?

Melihat dari berbagai perbandingan tersebut, tentu sudah dapat menyimpulkan jika olahraga lompat tali memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh. Lalu apa sebenarnya manfaatnya? Mari simak informasi pada artikel ini!

Apa Sebenarnya Manfaat Dari Olahraga Lompat Tali?

manfaat olahraga lompat tali

Meskipun menjadi olahraga lompat tali merupakan olahraga yang cukup simpel dalam gerakan maupun peralatan yang dibutuhkan, namun nyatanya olahraga ini memiliki beberapa manfaat seperti berikut ini:

1.Membantu membakar kalori dalam tubuh

Salah satu manfaat utama dari melakukan olahraga lompat tali adalah membantu memabakar kalori dengan porsi yang besar. Melakukan olahraga lompat tali selama satu jam penuh diperkirakan dapat membakar kalori dalam tubuh sebanyak 1300 kal. Bagi kamu yang memiliki keinginan menurunkan berat badan, olahraga yang satu ini sangat cocok untuk kamu jadikan pilihan.

Baca juga:  Asal Usul Penghargaan Gol Terbaik, Puskas Award

2.Meningkatkan koordinasi tubuh

Olahraga lompat tali merupakan salah satu aktivitas siklik yang dalam prakteknya harus menggunakan gerakan dengan ritem yang stabil dan teratur. Memerlukan koordinasi yang tinggi antar otak, mata, kaki dan tangan di saat melakukan gerakan melompat dan juga mengayunkan tali secara berirama. Semakin lama berkoordinasi, semakin baik juga kerja bagian-bagian tubuhmu.

3.Meningkatkan kemampuan otak

Mungkin banyak orang yang tidak percaya jika salah satu manfaat dari melakukan olahraga lompat tali adalah membantu meningkatkan kemampuan otak. Meskipun terdengar aneh, namun memang begitu faktanya. Menurut sebuah riset yang dilakukan oleh Jump Rope Institute, olahraga lompat tali dapat membantu pengembangan otak kiri dan kanan, sehingga dapat meningkatkan kesadaran spasial, keterampilan membaca, daya ingat, dan membuat lebih waspada.

4.Kardio yang efisien

Salah satu manfaat utama dari lompat tali adalah sebagai latihan kardiovaskular yang sangat efektif. Lompat tali dapat membuat detak jantung meningkat dengan cepat karena melibatkan banyak kelompok otot yang bekerja secara bersamaan, menjadikannya sebagai aktivitas fisik dengan intensitas yang tinggi.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), satu menit aktivitas fisik dengan intensitas yang tinggi hampir setara dengan dua menit aktivitas fisik dengan intensitas sedang seperti berjalan cepat atau bermain tenis ganda. Dengan kata lain, lompat tali dapat dimasukkan ke dalam rutinitas latihan untuk mendapatkan manfaat yang sama dengan aktivitas fisik intensitas sedang dalam waktu yang lebih singkat.

Lompat tali yang merupakan salah satu jenis kegiatan berintensitas tinggi yang dapat membuat jantung menjadi lebih kuat. Dengan memiliki kondisi jantung yang kuat, seseorang akan minim sekali kemungkinan akan terjangkit penyakit stroke.

5.Mengencangkan kaki

Sudah menjadi barang pasti jika bagian tubuh paling aktif ketika melakukan olahraga lompat tali  adalah kaki. Saat melakukannya, kaki akan banyak melakukan lompatan. Semua bagian dari betis, paha belakang, hingga bokong dapat dilatih dengan variasi gerakan dalam bermain tali. Oleh karena itu, bermain tali merupakan salah satu latihan yang seharusnya dilakukan oleh para atlet aktif.

Baca juga:  Olahraga Ringan untuk Mengecilkan Perut

Bermain tali tidak hanya meningkatkan koordinasi kaki, tetapi juga kekuatan kaki, terutama otot di area pergelangan kaki. Menurut Jump Rope Institute, bermain tali bahkan mengajarkan cara mendarat dengan benar setelah melompat.

6.Menyehatkan kulit

Melakukan olahraga lompat tali tidak hanya membantu membakar kalori dalam tubuh, namun juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Lompat tali dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, sehingga nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit dapat tersampaikan dengan baik dan racun dapat lebih mudah terbuang. Jika dilakukan secara rutin selama 20 menit per hari, latihan ini akan membuat kulit wajah terasa lebih sehat dan bercahaya.

7.Menambah tinggi badan

Jika kamu berpikir olahraga yang dapat membantu menambah tinggi badan hanyalah renang, kamu salah. Lompat tali ternyata juga menjadi salah satu olahraga yang cukup efektif untuk digunakan untuk menambah tinggi badan dengan menggunakan cara dan alat yang sederhana.

Baca Juga : Olahraga Yang Membuat Perut Six pack

8. Membangun kepadatan tulang

Lompat tali adalah aktivitas fisik berintensitas tinggi yang berfokus pada tulang sehingga dalam jangka panjang akan membuatnya lebih kuat. Hal ini disebabkan saat seseorang melompat, tubuh secara otomatis akan merespons tekanan sementara pada tulang tersebut dengan membangun kepadatannya kembali sehingga lebih kuat dan padat.

Sebuah studi selama 22 minggu menemukan manfaat lompat tali untuk pertumbuhan badan dengan adanya peningkatan signifikan pada kepadatan mineral tulang dari tulang belakang lumbar dan leher femoralis (bagian dari tulang paha) setelah berpartisipasi dalam 20 menit lompat tali selama dua kali seminggu.

 

Demikianlah sedikit informasi mengenai apa saja manfaat yang akan didapatkan oleh tubuh dari melakukan olahraga lompat tali. Semoga informasi pada artikel ini dapat bermanfaat bagimu dan terimakasih telah membaca.

Baca juga:  Ketahuilah! Inilah Manfaat Dari Melakukan Senam Zumba

Anda suka menulis tentang sepakbola, kirim tulisanmu ke AnalisBola.com dan baca ketentuannya di SINI.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *