Ajax vs PSV: Adu Gengsi di Perempat Final KNVB Cup

ajax vs psv
Ajax Amsterdam vs PSV Eindhoven. (Foto: allaboutajax.com)

AnalisBola.com – Perseteruan Ajax Amsterdam dan PSV Eindhoven bukanlah barang baru di persepakbolaan Belanda. Kedua tim merupakan salah satu rivalitas yang menjadi perhatian di negeri kincir angin tersebut. Kini, kedua tim akan kembali bertemu di perempat final piala Liga Belanda (KNVB Cup) 2020/2021.

Pertandingan Perempat final antara Ajax kontra PSV akan digelar di stadion Johan Cruyff Arena, markas besar Ajax Amsterdam, Kamis (11/2) dini hari. Duel yang akan tersaji nanti, bisa dipastikan akan berjalan sengit. Mengingat kedua tim merupakan salah satu rivalitas yang menyedot perhatian publik sepak bola Belanda.

Di pentas KNVB Cup, Ajax merupakan sang raja trofi piala tersebut. Total tim yang berjuluk de Godenzonen telah meraih sebanyak 34 trofi. Sedangkan, PSV berada di urutan kedua dengan raihan 24 trofi. Dengan begitu, jarak 10 trofi sangat berat bagi PSV untuk mengimbangi prestasi Ajax di kompetisi KNVB Cup.

Baca juga: Az Alkmaar vs Ajax Amsterdam: 3 Pemain yang Tampil Apik

Bacaan Lainnya

Rivalitas kedua tim tidak hanya tercipta di pentas KNVB cup saja, tetapi dalam kompetisi liga Belanda (Liga Eredivisie). Kedua tim tetap saling menempel ketat, dalam perburuan trofi Eredivisie 2020/2021. 

Lagi lagi, taji Ajax Amsterdan masih sangat kuat bagi kontestan lainnya. Hingga pekan ke-21, Saat ini De Godenzonen berada di urutan pertama klasemen sementara Eredivisie dengan raihan 50 poin. Sementara PSV menempel ketat di urutan kedua dengan raihan 46 poin. Di urutan ketiga, ada Vitesse yang memiliki raihan 42 poin.

Baca juga:  Setelah 12 Tahun, Rangers Akhirnya Berhasil Lolos ke Liga Champions

Jelas ini menjadi momen penting dan krusial bagi PSV yang diasuh oleh Roger Scmidth. Pasalnya, ini adalah kesempatan emas bagi tim yang berjuluk Rood-witten memperoleh gelar. Terakhir PSV meraih trofi pada 2017/2018 saat menang 3-0 di final melawan Ajax Amsterdam di kompetisi KNVB Cup.  Sementara, pada musim 2018/2019 dalam final KNVB Cup, Ajax berhasil membalas kekalahannya melawan PSV dengan skor 2-0.

Baca juga: Van de Beek yang Harus Banyak Belajar dari Ole Gunnar Solskjaer

Ajax memang menjadi klub yang superior di nergeri kincir angin tersebut. namun pada musim ini di kompetisi Liga Champions, de Godenzonen terlempar dari kompetisi elit benua eropa, dan turun di kompetisi europa league. Jika penampilan kapten Dusan Tadic cs bisa konsisten di kompetisi KNVB cup dan kembali keluar sebagai juara, maka itu dapat menghapus luka, karena tak berhasil lolos ke babak 16 besar Champions League.

Waspadai Para Pemain Kunci

Empat pemain kunci Ajax Amsterdam dipastikan akan absen dalam laga kontra PSV nanti, di antaranya sang kiper Andre Onana yang terlibat kasus doping,  dan cederanya tiga pemain, yaitu, Nicolas Tagliafico, Noussair Mazraoui, dan Mohammed Kudus.

Namun Pelatih Erik Ten Hag, masih memiliki beberapa pemain kunci di lini depan yang mampu mengoyakkan pertahanan PSV.  Yaitu, Dusan Tadic yang mengoleksi 14 gol di semua kompetisi, Gelandang kreatif Davy Klassen dan Zakaria Labyad, yang masing masing mengemas 7 dan 8 gol. Serta penampilan pemain saya kiri, Quincy Promes yang mengemas 6 gol dan terakhir Lassina Traore yang unjuk gigi dengan mengemas 8 gol di semua ajang.

Baca juga:  Az Alkmaar vs Ajax Amsterdam: 3 Pemain yang Tampil Apik

Sementara, di kubu PSV memiliki pemain yang tak kalah hebat dari Ajax. Di antaranya, talenta muda berusia 22 tahun yang bermain sebagai striker, Donyel Malen telah mencetak 19 gol di semua ajang. Eran Zahavi dengan koleksi 8 gol, dan Philip Max, yang mencetak 6 gol.  Namun asuhan Roger Scmidht, harus rela kehilangan gelandang kreatif asal Jerman, Mario Gotze yang harus mendekam karena cedera.

Baca juga: Bukan Nama Besar, Inilah Pemain yang Dibeli Mahal di Musim Dingin

Pada pertandingan terakhir (10 Januari 2021) dalam lanjutan Liga Eredivisie, kedua tim bermain sama kuat, yaitu dengan skor 2-2. Aktor dari gol dari kedua kubu ialah, dua gol dari Eran Zahavy  di kubu PSV, dan Quincy Promes serta Antony di kubu Ajax, yang masing-masing mencetak satu gol. Bukan tidak mungkin para pemain dari kedua tim yang berhasil mencatatkan namanya di papan skor akan kembali mencetak gol di laga nanti. 

Head to Head Ajax kontra PSV di 5 Pertandingan Terakhir

Ajax  VS PSV  (2 – 2) 10 Januari 2021
Ajax  VS PSV  (1 – 0) 2 Februari 2020
PSV  VS Ajax (1 – 1) 22 September 2019
Ajax  VS PSV  (2 – 0) 27 Juli 2019
Ajax  VS PSV  (3 – 1) 31 Maret 2019

Ihsan Fahmi
Twitter | Instagram

***
Ingin menjadi penulis di AnalisBola.com, Silakan hubungi kami melalui email: analisbolacom@gmail.com

Anda suka menulis tentang sepakbola, kirim tulisanmu ke AnalisBola.com dan baca ketentuannya di SINI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *