Ajax vs Napoli 1-6: Tim Asuhan Luciano Spalletti Pesta Gol di Amsterdam

Ajax vs Napoli 1-6: Tim Asuhan Luciano Spalletti Pesta Gol di Amsterdam
Striker Napoli, Giovanni Simeone Merayakan Golnya ke Gawang Tuan Rumah Ajax pada Pertandingan Ketiga Grup A Liga Champions di Amsterdam Arena (5/10/2022) (Sumber : marca.com)

Napoli berhasil menghancurkan tuan rumah Ajax dengan skor telak 6-1 pada pertandingan ketiga liga Champions grup A di Amsterdam Arena, Rabu (5/10/2022).

Kemenangan tersebut semakin memperpanjang hasil sempurna Napoli yang telah memenangi tiga laga awal grup A.

Sebelumnya, tim asuhan Luciano Spalletti tersebut berhasil mengalahkan Liverpool dengan skor 4-1 dan Rangers dengan skor 3-0.

Artinya, Napoli telah mencetak 13 gol dalam tiga pertandingan awal di liga Champions musim ini.

Bacaan Lainnya

Sedangkan, kekalahan ini menjadi yang kedua bagi Ajax di grup A.

Sempat menang di laga awal dengan menghancurkan Rangers 4-0, tim asuhan Alfred Schreuder tersebut kemudian kalah dengan skor 1-2 melawan Liverpool di Anfield.

Hingga kemudian, laga tadi malam berubah menjadi petaka untuk puluhan ribu suporter tuan rumah yang memenuhi Amsterdam Arena.

Kekalahan telak dengan skor 1-6 rupanya menjadi salah satu hasil terburuk untuk Ajax dalam sejarah mereka di liga Champions.

Babak Pertama

Tuan rumah Ajax sebenarnya sempat berhasil unggul di menit ke-9 melalui Mohammed Kudus.

Proses gol tersebut sangatlah unik karena sebenarnya gelandang Ajax, Kenneth Taylor yang harusnya memiliki kesempatan besar untuk mencetak skor untuk tuan rumah.

Akan tetapi, tendanganya malah mengenai tumit Mohammed Kudus yang berdiri di depan gawang Napoli dan akhirnya menjadi gol.

Sembilan menit kemudian, tim tamu Napoli yang terus menyerang akhirnya berhasil menyamakan kedudukan melalui gol sundulan Giacomo Raspadori setelah memanfaatkan umpan lambung Mathías Olivera dari sisi sayap kiri.

Baca juga:  Sempat Tertinggal, Napoli Hancurkan Tuan Rumah Hellas Verona dengan Skor 5-2

Pada menit ke-33, Napoli berhasil membalikan kedudukan skor menjadi 2-1.

Kali ini, sang kapten yaitu Giovanni Di Lorenzo berhasil mencetak gol melalui sundulan setelah memanfaatkan umpan lambung Kvaratskhelia dari sayap kanan.

Semenit sebelum turun minum, Napoli tampaknya benar-benar menghukum tuan rumah dengan kembali mencetak gol dan memperbesar skor menjadi 3-1.

Anguissa mengirim umpan terobosan ke kotak penalti Ajax yang segera disambut oleh tendangan Piotr Zielinski ke gawang tuan rumah yang dikawal Remko Pasveer.

Gol tersebut menjadi yang ketiga untuk Zielinski di liga Champions musim ini.

Babak Kedua

Baru semenit babak kedua berjalan, Raspadori berhasil mencetak gol keduanya di laga ini untuk memperbesar skor menjadi 4-1.

Penyerang muda timnas Italia tersebut berhasil memanfaatkan umpan silang Anguissa dari sisi kanan kotak penalti yang juga mencetak assist keduanya di laga ini.

Lini serang Napoli tampaknya benar-benar memporak-poranda barisan belakang tuan rumah yang cukup kocar-kacir dalam menjaga area pertahananya.

Pada menit ke-62, Kvaratskhelia yang mencetak assist kepada Di Lorenzo untuk gol kedua Napoli kali ini berhasil mencatatakan namanya di papan skor.

Setelah menerima umpan terobosan dari Raspadori, winger asal Georgia tersebut berhasil melewati penjagaan bek kiri Ajax yaitu Devyne Rensch dan kemudian menendang bola melewati kiper tuan rumah, Remko Pasveer.

Kebobolan lima gol tampaknya benar-benar menghancurkan mental pemain Ajax.

Hasilnya, tuan rumah harus bermain dengan sepuluh orang setelah Dusan Tadic dikartu merah oleh wasit setelah menyikut bek kiri Napoli, Mathías Olivera.

Unggul jumlah pemain akhirnya dimanfaatkan oleh tim tamu untuk kembali memperbesar keunggulan menjadi 6-1 melalui Giovanni Simeone.

Putra kandung Diego Simeone berhasil mencetak gol di menit ke-81 melalui tendangan voli setelah memanfaatkan umpan lambung terobosan Tanguy Ndombele. Bek tengah Ajax, Calvin Bassey gagal menutup pergerakan pemain asal Argentina tersebut.

Baca juga:  Maccabi Haifa Vs PSG 1-3: Trio Lini Depan Paris Lagi Gacor

Gol tersebut menjadi yang kedua untuk Simeone di liga Champions musim ini.

Skor 6-1 untuk kemenangan telak Napoli bertahan hingga berakhirnya pertandingan dan membuat tim asuhan Luciano Spalletti tersebut meraih tiga poin dalam tiga laga di liga Champions secara beruntun.

Hasil ini membawa Napoli menduduki puncak klasemen grup A dengan perolehan 9 poin, sedangkan Ajax berada di peringkat ketiga dengan perolehan 3 poin.

Ajax (4-2-3-1) : Pasveer (GK), Blind (LB), Bassey (CB), Timber (CB), Rensch (RB), Taylor (CM), Alvarez (CM), Bergwijn (LW), Berghuis (AM), Tadic (RW), Kudus (CF).

Subs : Klaassen, Brobbey, Grillitsch, Baas

Napoli (4-3-3) : Meret (GK), Olivera (LB), Kim (CB), Rrahmani (CB), Di Lorenzo (RB), Zielinski (CM), Lobotka (DM), Anguissa (CM), Kvaratskhelia (LW), Raspadori (CF), Lozano (RW).

Subs : Elmas, Simeone, Zanoli, Gaetano, Ndombele

Christopher
Pemerhati & Penganalisis Taktik serta Filosofi Sepakbola

Anda suka menulis tentang sepakbola, kirim tulisanmu ke AnalisBola.com dan baca ketentuannya di SINI.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *