Ada Apa dengan Chelsea?

Ada Apa Dengan Chelsea?
Chelsea Tampil Mengecewakan di Musim Ini Kendati Sudah Merekrut Banyak Pemain Baru (Sumber : 90min.com)

Chelsea harus menelan kekalahan dengan skor 0-1 saat melawat ke markas Dinamo Zagreb pada pertandingan pertama liga Champions 2022/23 di Stadion Maksimir, Rabu (7/9/2022).

Kebobolan di menit ke-13 oleh striker tuan rumah yaitu Mislav Oršić, The Blues nyatanya tidak mampu mencetak gol untuk menyamakan kedudukan hingga berakhirnya pertandingan.

Lini depan Chelsea yang terdiri dari trio Sterling, Aubameyang, dan Havertz gagal mendobrak lini pertahanan tuan rumah yang secara kualitas kalah jauh dibanding mereka.

Hasilnya, Chelsea harus pulang dari Kroasia dengan membawa hasil kekalahan dan membuat Thomas Tuchel akhirnya dipecat dari kursi kepelatihan The Blues.

Bacaan Lainnya

Tuchel sendiri adalah pahlawan Chelsea dengan membawa klub tersebut meraih gelar juara liga Champions musim 2020/21 setelah mengalahkan Man City di partai final dengan skor 1-0. Menariknya, Tuchel sendiri saat itu baru setengah musim melatih Chelsea untuk menggantikan Frank Lampard.

Selain liga Champions, Tuchel juga mempersembahkan dua gelar lainya yaitu UEFA Super Cup dan Piala Dunia Antar Klub di tahun yang sama. Sayangnya, cerita manis tersebut harus berakhir hari ini.

Sebelum menelan kekalahan di liga Champions, penampilan inkonsisten Chelsea di liga Inggris musim ini memang menjadi sorotan.

Hingga pekan ke-6, Chelsea meraih tiga kemenangan, satu hasil imbang, dan dua kekalahan yang membuat mereka harus duduk di peringkat ke-6 klasemen sementara dengan perolehan 10 poin.

Meskipun sempat mengalahkan West Ham di Stamford Bridge dengan skor 2-1 pekan lalu, tampaknya petinggi Chelsea tetap membulatkan keputusanya untuk memecat Tuchel.

Baca juga:  Liga Primer Bergulir, Siapa Juara Berikutnya?

Mereka menganggap bahwa Tuchel gagal untuk membawa Chelsea ke performa terbaiknya meskipun telah mendatangkan banyak pemain baru .

Di awal musim, Chelsea merekrut tiga pemain bintang yaitu Kalidou Koulibaly, Marc Cucurella, dan Raheem Sterling. Selain itu, The Blues juga berhasil mendatangkan tiga pemain lagi pada detik terakhir sebelum jendela transfer ditutup yaitu Wesley Fofana, Denis Zakaria, dan Pierre-Emerick Aubameyang.

Lalu apa yang menjadi penyebab performa Chelsea begitu mengecewakan ?

Hengkangnya deretan pemain andalan seperti Alonso, Rudiger dan Christensen tampaknya menjadi lubang besar bagi pertahanan Chelsea.

Kedua pemain tersebut adalah pilar penting Chelsea selama lima musim terakhir dalam mengawal lini pertahanan. Mereka juga berandil besar dalam membawa Chelsea meraih berbagai gelar juara seperti Piala FA, liga Champions, UEFA Super Cup, dan Piala Dunia Antar Klub.

Kehadiran Koulibaly dan Cucurella tampaknya masih belum mampu menggantikan peran ketiga pemain bertahan tersebut karena mereka masih mencoba menyesuaikan diri dengan taktik permainan Tuchel, khususnya Koulibaly yang baru mencicipi kerasnya liga Inggris.

Selain itu, lini depan Chelsea yang terdiri dari Sterling, Pulisic, Havertz, Ziyech, Mount, dan Aubameyang juga belum terpadu untuk menjadi andalan.

Christopher
Pemerhati & Penganalisis Taktik serta Filosofi Sepakbola

Anda suka menulis tentang sepakbola, kirim tulisanmu ke AnalisBola.com dan baca ketentuannya di SINI.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *