AC Milan vs Inter Milan 3-2: Dua Gol Rafael Leao Menangkan Rossoneri

AC Milan vs Inter Milan 3-2: Dua Gol Rafael Leao Menangkan Rossoneri
Rafael Leao Berhasil Mencetak Gol Ketiganya ke Gawang Inter di San Siro (3/9/2022) (Sumber : besoccer.com)

Laga Derby Di Milano berakhir untuk kemenangan AC Milan dengan skor 3-2 pada pekan kelima Serie A di San Siro Stadium, Sabtu (3/9/2022).

Sempat tertinggal 0-1, AC Milan berhasil melakukan comeback untuk meraih kemenangan dalam pertandingan yang super seru dan dramatis tersebut.

Rossoneri berhasil menang bekat dua gol Rafael Leao dan satu gol dari Olivier Giroud. Sedangkan, dua gol Inter Milan dicetak oleh Marcelo Brozovic dan Edin Dzeko.

Hasil ini membuat AC Milan kembali ke jalur kemenangan setelah ditahan imbang Sassuolo dengan skor 0-0 pada pekan lalu dan membuat tim asuhan Stefano Pioli tersebut belum terkalahkan dalam lima laga awal Serie A musim ini.

Bacaan Lainnya

Sedangkan, kekalahan ini menjadi yang kedua untuk Inter Milan di musim ini setelah sebelumnya tumbang di markas Lazio dengan skor 1-3 pada pekan ketiga. Padahal, Nerazzurri sempat berhasil menang dengan skor 3-1 melawan Cremonese pekan lalu.

Formasi Awal

Stefano Pioli menerapkan formasi 4-2-3-1 dan melakukan lima perubahan pada starting line-up AC Milan dibandingkan pekan lalu.

Di lini belakang, Pierre Kalulu dan Davide Calabria menjadi starter menggantikan Simon Kjaer dan Alessandro Florenzi untuk mengawal pertahanan Rossoneri.

Di lini tengah, Sandro Tonali kembali menjadi pilihan utama menggantikan Tommaso Pobega.

Di lini depan, Charles De Ketelaere dan Junior Messias menjadi starter menggantikan Brahim Diaz dan Alexis Saelemaekers untuk menjadi pendukung Olivier Giroud yang bermain sebagai penyerang tunggal.

Sedangkan, Simone Inzaghi selaku Inter Milan menerapkan formasi andalanya yaitu 3-5-2 dan melakukan dua perubahan pada starting line-up dibandingkan pekan lalu.

Baca juga:  Juventus vs Udinese: Dybala Brillian tapi Ronaldo Curi Lampu Sorot

Di lini pertahanan, bek tengah Inter yaitu Alessandro Bastoni kembali menjadi starter menggantikan Federico Dimarco. Kemudian, Lautaro Martinez bermain sebagai striker sejak menit awal menggantikan Edin Dzeko untuk berduet dengan rekan senegaranya di timnas Argentina yaitu Joaquin Correa.

Babak Pertama

AC Milan langsung melakukan serangan dan mengurung pertahanan Inter Milan sejak awal babak pertama dimulai.

Rafael Leao nyaris mencetak keunggulan untuk AC Milan di menit ke-15, namun tendanganya dari sisi kiri luar kotak penalti berhasil ditepis Samir Handanovic.

Inter Milan yang sejak menit awal diserang justru malah berhasil mencetak keunggulan di menit ke-21.

Berawal dari aksi Lautaro Martinez di tengah lapangan yang berhasil mengontrol bola di tengah tempelan ketat bek AC Milan, Pierre Kalulu. Kemudian dia mengoper bola kepada Joaquin Correa yang juga berada di lini tengah.

Kemudian, Correa langsung melepaskan umpan terobosan kepada Marcelo Brozovic yang berlari ke kotak penalti AC Milan.

Gagal dikejar oleh Theo Hernandez, gelandang timnas Kroasia tersebut berhasil menendang bola melewati kiper AC Milan, Mike Maignan. Gol tersebut menjadi gol ke-23 Brozovic di Serie A bersama Inter Milan sepanjang karirnya.

Tujuh menit berselang, AC Milan berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Berawal dari kesalahan umpan Hakan Calhanoglu di lini pertahanan Inter, Sandro Tonali berhasil merebut bola tersebut dan membawanya ke depan kotak penalti lawan.

Kemudian, gelandang timnas Italia tersebut melepaskan umpan terobosan kepada Rafael Leao yang berada di sisi kiri kotak penalti Inter. Meski dihalau Milan Skriniar, Leao berhasil melepaskan tendangan ke pojok kanan gawang tanpa bisa ditepis Handanovic.

Pada menit ke-35, AC Milan menciptakan dua peluang emas sekaligus. Pertama adalah melalui Sandro Tonali yang dengan cepat berlari membawa bola dari tengah lapangan ke depan kotak penalti Inter.

Setelah melakukan kerjasama satu dua sentuhan dengan Giroud, Tonali melepaskan tendangan yang masih berhasil ditangkap Handanovic.

Baca juga:  Coppa Italia, Ibrahimovic: Jatah Berhasil dan Gagalnya AC Milan

Kedua adalah melalui Theo Hernandez yang membawa bola ke depan kotak penalti Inter setelah merebut bola dari Dumfries di sisi sayap kiri. Kemudian, pemain timnas Prancis tersebut melepaskan tendangan yang membentur mistar atas gawang Inter ! Beruntung bagi Handanovic, bola tersebut segera keluar keatas.

AC Milan terus mencoba untuk mencetak gol ke gawang Inter. Dua menit berselang, De Ketelaere nyaris mencetak gol setelah memanfaatkan umpan sepak pojok, namun sundulanya masih melambung keatas gawang Handanovic.

Skor 1-1 bertahan hingga akhir babak pertama.

Babak Kedua

Inter Milan langsung berinisiatif untuk melakukan serangan demi mencetak keunggulan. Akan tetapi, AC Milan justru berhasil menciptakan gol di menit ke-54.

Rafael Leao melepaskan umpan silang dari sisi kiri ke tengah kotak penalti Inter Milan yang segera dimanfaatkan Giroud untuk mencetak gol dengan tendangan yang gagal ditepis Handanovic. Skor menjadi 2-1 untuk keunggulan AC Milan.

Gol tersebut menjadi yang kedua untuk striker timnas Prancis tersebut di Serie A musim ini.

AC Milan semakin leluasa untuk melancarkan serangan ke lini pertahanan Inter Milan dan akhirnya mereka berhasil mencetak gol ketiga di menit ke-60.

Kali ini, Rafael Leao berhasil mencetak gol keduanya dengan cara yang cukup cantik. Menerima umpan backheel Giroud, Leao berhasil mengelabui tiga pemain Inter dan merengsek masuk ke kotak penalti.

Mantan pemain Lille tersebut kemudian melepaskan tendangan ke pojok kanan gawang Inter tanpa bisa ditepis Handanovic sekaligus menjadi gol ketiganya di Serie A musim ini.

Tertinggal 1-3 membuat Simone Inzaghi langsung melakukan tiga pergantian pemain sekaligus di menit ke-64. Mkhitaryan, Di Marco, dan Dzeko masuk ke lapangan untuk menggantikan Barella, Bastoni, dan Correa.

Masuknya ketiga pemain tersebut membuat permainan dan skema serangan Inter menjadi lebih terpadu. Terbukti di menit ke-67, Inter berhasil mengecilkan kedudukan skor menjadi 2-3.

Baca juga:  Napoli yang Semakin Mengerikan

Bek sayap kiri Inter, Matteo Darmian melakukan satu dua sentuhan dengan Henrikh Mkhitaryan sebelum membawa bola ke kotak penalti AC Milan.

Mantan pemain Man United tersebut kemudian melepaskan umpan silang ke kotak penalti yang segera disambut tendangan Dzeko ke dalam gawang AC Milan.

Gol tersebut menjadi yang pertama untuk striker timnas Bosnia tersebut di Serie A musim ini.

Tiga menit kemudian, Inter Milan nyaris menyamakan kedudukan melalui peluang Lautaro Martinez. Namun, Mike Maignan dengan gemilang berhasil menepis sundulan striker timnas Argentina tersebut.

Mike Maignan tampaknya benar-benar menjadi pahlawan AC Milan dalam 20 menit terakhir. Kiper timnas Prancis tersebut berhasil menggagalkan peluang Dzeko dan Calhanoglu melalui dua penyelamatan gemilang yang cukup fantastis.

Pada menit ke-75, Inter Milan sempat hampir mendapatkan penalti, akan tetapi keputusan tersebut dibatalkan setelah wasit melakukan pengecekan dengan VAR.

Terus menerus diserang membuat Stefano Pioli menarik keluar Davide Calabria dan Sandro Tonali serta memasukan Simon Kjaer dan Tommaso Pobega untuk membantu memperkuat lini pertahanan AC Milan dalam menghadapi gelombang serangan Inter Milan.

Usaha Inter Milan untuk menyamakan kedudukan akhirnya tidak berhasil dan membuat mereka harus rela menelan kekalahan dengan skor akhir 2-3.

Berdasarkan statistik akhir, AC Milan kalah dalam penguasaan bola dengan menguasai 47%, akan tetapi berhasil melepaskan 21 tembakan dimana 5 diantaranya mengarah on-target.

Sedangkan, Inter Milan menguasai 53% ball possession dan melepaskan 16 tembakan dengan jumlah on-target yang sama seperti AC Milan.

Kemenangan ini membuat AC Milan naik ke peringkat ke-2 klasemen sementara di belakang Napoli dengan perolehan poin yang sama yaitu 11, sedangkan kekalahan ini membuat Inter Milan turun ke peringkat ke-6 klasemen sementara dengan perolehan 9 poin.

Christopher
Pemerhati & Penganalisis Taktik serta Filosofi Sepakbola

Anda suka menulis tentang sepakbola, kirim tulisanmu ke AnalisBola.com dan baca ketentuannya di SINI.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *